Home > Belajar Reksa Dana > Analisa Reksa Dana dengan Metode Risk Adjusted Return, Sharpe, Treynor dan Jensen Alpha

Analisa Reksa Dana dengan Metode Risk Adjusted Return, Sharpe, Treynor dan Jensen Alpha

Metode di atas adalah cara umum yang sering ditemui dalam berbagai literatur keuangan dan investasi tentang cara melakukan evaluasi kinerja masa lalu reksa dana. Seperti apa cara menghitung dan membaca hasil perhitungannya?

Pada dasarnya metode Sharpe, Treynor dan Jensen Alpha mengukur baik atau tidaknya kinerja reksa dana berdasarkan risk and return. Untuk itu, sebelum melakukan perhitungan, diperlukan data mentah yaitu harga reksa dana atau data setengah mentah seperti return untuk bisa melakukan analisa.

Untuk mengambil data, bisa melalui Pusat Data Kontan . Untuk cara memindahkan ke MS Excel, bisa membaca artikel Panduan Mencari Data Reksa Dana. (Baca yang bagian bawah karena untuk website OJK untuk data reksa dana sudah berubah tampilannya).

Setelah data harga reksa dana lengkap selanjutnya melakukan langkah-langkah sebagai berikut

  1. Menentukan periode evaluasi (misalkan 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan periode lainnya)
  2. Menentukan data yang akan dievaluasi (contoh menggunakan data bulanan)
  3. Menghitung komponen yang dibutuhkan
    1. Rata-rata return geometric
    2. Standar deviasi
    3. Beta (dengan menggunakan IHSG sebagai pasar)
    4. Membuat asumsi untuk Risk Free

Untuk Risk Free, bisa menggunakan rata-rata daripada BI Rate atau Yield Obligasi pemerintah selama periode pengukuran, namun untuk lebih praktisnya saya gunakan asumsi 6%.

Reksa dana yang digunakan sebagai referensi adalah Panin Dana Maksima dan Panin Dana Prima periode 10 tahun terakhir dari 31 Desember 2008 – 31 Desember 2018. Yang menjadi komponen pasar adalah IHSG untuk periode yang sama. Untuk data yang digunakan adalah NAB/Up setiap akhir bulan.

Berdasarkan hasil pengolahan data, informasi komponen-komponen yang dibutuhkan untuk dasar perhitungan adalah sebagai berikut :

Untuk lebih lengkap, silakan baca Analisa Reksa Dana dengan Metode Risk Adjusted Return, Sharpe, Treynor dan Jensen Alpha

Categories: Belajar Reksa Dana Tags:
  1. No comments yet.


%d bloggers like this: