Home > Amnesti Pajak > Step by Step : Lapor Reksa Dana Dalam E-Filling SPT Elektronik

Step by Step : Lapor Reksa Dana Dalam E-Filling SPT Elektronik

Tanggal 31 Maret 2019 adalah batas akhir penyampaian SPT 2018 bagi Wajib Pajak Perorangan. Cara yang paling praktis dan mudah adalah secara elektronik melalui situs DJPOnline.pajak.go.id.

Petunjuk dan tata cara untuk pelaporan bisa dengan mudah ditemui di berbagai situs termasuk di website DJP Online itu sendiri. Fokus pembahasan kali ini adalah pada pelaporan harta Reksa Dana.

Reksa dana adalah bukan objek pajak. Dasar peraturannya sebagai berikut

Undang-Undang perpajakan dan pasar modal yaitu Undang Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan Pasal 4 Ayat 3 Poin (i) yang bunyinya sebagai berikut : Yang dikecualikan dari objek pajak adalah sebagai berikut bagian laba yang diterima atau diperoleh anggota dari perseroan komanditer yang modalnya tidak terbagi atas saham-saham, persekutuan, perkumpulan, firma, dan kongsi, termasuk pemegang unit penyertaan kontrak investasi kolektif.

Sumber : UU Tentang Pajak Penghasilan

Undang Undang Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal Pasal 18 yang berbunyi : Reksa Dana dapat berbentuk :
a. Perseroan; atau
b. kontrak investasi kolektif. 

Sumber: UU Pasar Modal

Pada dasarnya semua reksa dana yang ada saat ini berbentuk Kontrak Investasi Kolektif sehingga memenuhi syarat untuk dikecualikan dari Objek Pajak sesuai UU Nomor 36 Tahun 2008.

Untuk langkah-langkah detailnya silakan membaca di Step by Step : Lapor Reksa Dana dalam E-Filling SPT Elektronik

Categories: Amnesti Pajak Tags:
  1. No comments yet.


%d bloggers like this: