Home > Pendapat Tentang Makro Ekonomi > Investasi Reksa Dana di Tahun Politik

Investasi Reksa Dana di Tahun Politik

Penyelenggaraan pesta demokrasi yaitu PEMILU dan Pilpres secara serentak tinggal menunggu hitungan bulan. Tensi politik juga terus meningkat seiiring dengan semakin banyak aktivitas kampanye menjelang pemilihan. Bagaimana dengan hasil investasi reksa dana di tahun politik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pembahasan akan dilakukan dari 2 aspek yaitu referensi data historis kinerja reksa dana di tahun politik dan fundamental dari aset dasar reksa dana.

Reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif pertama terbit dari tahun 1997 dan sudah berkembangan hingga ribuan produk pada tahun 2019 ini.

Mengacu kepada sejarah PEMILU di Indonesia yang terselenggara setelah tahun 1997 adalah PEMILU 1999, PEMILU dan Pilpres di 2004, 2009, dan 2014. Selain PEMILU, sebenarnya juga terdapat ratusan penyelenggaraan Pilkada, namun karena skalanya masih bersifat lokal.

Dengan mempertimbangkan perhitungan rata-rata kinerja reksa dana yang dilakukan oleh lembaga riset Infovesta baru dilakukan mulai tahun 2000, maka evaluasi terhadap referensi kinerja historis reksa dana pada tahun politik disajikan pada tahun 2004, 2009, dan 2014.

Dari sisi outlook, sebagaimana diketahui Bank Sentral Amerika Serikat mulai memberikan statement bahwa kebijakan suku bunga di 2019 akan lebih memperhatikan data ekonomi. Aliran dana asing juga kembali masuk dengan deras ke Indonesia.

Seperti apa kinerja reksa dana di tahun politik dan bagaimana outlook untuk aset dasarnya?

Untuk lebih lengkapnya silakan baca

https://rudiyanto.blog/2019/01/10/investasi-reksa-dana-di-tahun-politik/

Categories: Pendapat Tentang Makro Ekonomi Tags:
  1. No comments yet.


%d bloggers like this: