Home > Ayo Menabung ReksaDana > Ayo Menabung Reksa Dana Dengan Program AutoInvest Panin AM

Ayo Menabung Reksa Dana Dengan Program AutoInvest Panin AM

Ayo Menabung Reksa Dana AutoInvest Panin Asset Management

Program AutoInvest adalah program terbaru yang diluncurkan oleh Panin Asset Management dalam rangka mendukung gerakan Ayo Menabung Reksa Dana yang dicanangkan oleh Bursa Efek Indonesia. Melalui program AutoInvest  ini, investor dapat melakukan investasi secara berkala pada reksa dana sesuai dengan kebutuhan finansialnya. Apa perbedaan program ini dibandingkan dengan program AutoDebet yang sudah ada ?

Perbandingan antara program AutoInvest dan AutoDebet adalah sebagai berikut:

Perbandingan AutoInvest AutoDebet
Pilihan Tanggal Bebas dari 1 – 31 Hanya Tanggal 1 dan 16
Sumber Dana Saldo di Panin Dana Likuid Saldo di Rekening Tabungan Bank
BCA, Mandiri, BRI dan Panin
Nominal Investasi Mulai dari Rp 250.000** Mulai dari Rp 250.000*
Biaya Investasi Flat 1% Di bawah Rp 1 juta =2%
Di atas Rp 1 juta = 1%
Jangka Waktu Minimal 2 Tahun Minimal 1 Tahun
Pendaftaran dan
Perpanjangan
Mengisi Formulir melalui
Marketing atau Customer Service
Secara Online website Panin AM
Mengisi Formulir melalui
Marketing atau Customer Service

* Kecuali Panin Dana Teladan dimulai dari Rp 1 juta
** Sebelumnya disebutkan Rp 100.000, dikoreksi menjadi Rp 250.000

Dari tabel perbandingan di atas, yang paling menentukan adalah di sumber dana investasinya. AutoDebet menggunakan sumber dana dari rekening anda di bank, sementara AutoInvest menggunakan saldo anda di reksa dana pasar uang yaitu Panin Dana Likuid. Apabila dimanfaatkan dengan baik, Ada 2 keunggulan yang bisa anda peroleh yaitu Mudah dan Menguntungkan.

Proses Mudah

K pertama dari fitur AutoInvest adalah prosesnya sangat mudah. Nasabah tidak lagi memerlukan surat kuasa di atas materai karena debet tidak dilakukan melalui perbankan. Pengajuan untuk melakukan investasi secara berkala bisa dilakukan dengan cara mengisi formulir dan mengirimkan ke Customer Service atau Marketing ataupun mengisi secara online setelah melakukan log in.

(Klik untuk Download) Formulir AutoInvest Panin AM

Formulir yang sudah diisi, bisa di email atau dikirimkan via WhatApps ke

Contact Center Panin AM

 

 

 

 

 

 

Pengisian dan pendaftaran secara online (khusus nasabah) di www.panin-am.co.id

AutoInvest Online Panin AM
Masukkan data transaksi sesuai dengan kebutuhan AutoInvest

Screen Shot 2017-02-18 at 10.52.18 PM

Masukkan One Time Password (OTP) yang dikirimkan melalui email atau SMS

Tampilan AutoInvest Panin AM

Jika sudah selesai, akan muncul tampilan di atas. Nasabah akan dihubungi oleh Customer Service maksimal 2 hari kerja untuk finalisasi pendaftaran

Yang harus dipastikan supaya prosesnya berjalan lancar adalah dana nasabah sudah tersedia di Panin Dana Likuid minimal 2 hari kerja sebelumnya.

Misalkan anda mau AutoInvest tanggal 10 Januari, maka harap dipastikan saldo Panin Dana Likuid mencukupi setidaknya 2 hari kerja sebelumnya atau tanggal 8 Januari. Jika di antara tanggal tersebut ada hari libur, maka bisa dibuat tersedia lebih awal lagi.

Berhubung minimum saldo Panin Dana Likuid adalah Rp 250.000, maka setidaknya saldo yang disiapkan ditambahkan Rp 250.000. Minimum saldo di reksa dana berbeda dengan minimum saldo di bank. Biasanya minimum saldo di bank benar-benar tidak bisa ditarik dan menjadi milik bank.

Namun untuk reksa dana, seluruh saldo investasi bisa ditarik. Hanya saja, apabila ada transaksi penjualan yang menyebabkan minimum saldo tidak tercukupi, maka bank kustodian akan meminta agar transaksi penjualan / pengalihan sebagian tersebut diganti menjadi pengalihan seluruhnya (all unit).

Lebih Menguntungkan Daripada Tabungan

Pada dasarnya, bunga tabungan di bank untuk simpanan biasa bahkan sangat sulit untuk membayar biaya administrasi bulanannya. Biaya tersebut memang wajar mengingat ada fasilitas ATM, transfer dan berbagai kemudahan lainnya yang ditawarkan.

Namun jika anda menginginkan ada alternatif yang lebih menguntungkan, Panin Dana Likuid merupakan salah satu yang bisa anda pertimbangkan. Berikut ini adalah kinerja bulanan Panin Dana Likuid sejak terbit hingga Januari 2017

Return Bulanan Panin Dana Likuid

Sumber : Panin Asset Management, diolah

Secara rata-rata tingkat return bulanan Panin Dana Likuid mencapai 0.4856% per bulan. Atau jika disetahunkan 5.99% per tahun. Tentunya tingkat return ini tidak pasti dan berfluktuasi. Ada pula kondisi dimana harga reksa dana pasar uang bisa mengalami penurunan.

Misalkan anda menyiapkan Rp 10 juta di Panin Dana Likuid untuk didebet pada bulan depan, dengan asumsi mendapatkan kenaikan 0.40% saja maka untuk Rp 10 juta anda sudah mendapatkan keuntungan Rp 40.000. Apabila biaya AutoInvestnya adalah 1% atau Rp 100.000, secara tidak langsung anda sudah mendapatkan diskon 40%.

Jumlah uang yang sama sebesar Rp 10 juta belum tentu mendapatkan hasil yang sama jika ditempatkan di tabungan. Memang keunggulan tabungan adalah bisa ditarik sewaktu-waktu. Untuk Panin Dana Likuid sesuai peraturan OJK adalah maksimal 7 hari kerja. Dalam prakteknya, selalu diupayakan untuk pencairan Panin Dana Likuid bisa diterima nasabah dalam T+1 hari kerja.

Bagi anda yang sudah nyaman dengan fitur AutoDebet yang sudah silakan terus dilanjutkan. Namun jika anda membutuhkan alternatif lain dengan tambahan kemudahan dalam pendaftaran dan keuntungan yang lebih baik dibandingkan tabungan bank, AutoInvest bisa menjadi pilihan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Facebook : https://www.facebook.com/rudiyanto.blog

Twitter : https://twitter.com/Rudiyanto_zh

Sumber Gambar : Istock Photo

Sumber Data : Panin Asset Management

Categories: Ayo Menabung ReksaDana Tags:
  1. Dimas
    February 28th, 2017 at 05:42 | #1

    Sorry om melenceng dari topik . Ane bingung maksud dari persentase dalam reksadana itu apa? Itu semacam bunga atau yang lain
    Salam Pemula

  2. Rudiyanto
    March 3rd, 2017 at 13:56 | #2
  3. Adhi
    March 7th, 2017 at 15:27 | #3

    Pak Rudiyanto, saya sebelumnya sudah membeli dan membaca buku bapak yg berjudul ‘sukses finansial dengan reksadana’. Alhamdulillah sangat membantu bagi saya yg sebelumnya sangat awam dg reksadana. Adapun yg ingin saya tanyakan adalah, apakah ada tanggal2 tertentu yg cenderung baik dalam autoinvest? Sebab saya ingin melakukan autoinvest namun bingung dlm menentukan tanggal penarikan autoinvest. Terima kasih

  4. Rudiyanto
    March 8th, 2017 at 01:23 | #4

    @Adhi
    Selamat malam pak Adhi,

    Terima kasih telah membeli buku saya.

    Untuk tanggal yang baik, sebenarnya awal mula ditetapkan autodebet di Panin AM hanya tanggal 1 dan 16 bukanlah karena awal dan pertengahan bulan. Tapi lebih karena berdasarkan riset yang dilakukan, kedua tanggal ini adalah yang data historisnya paling baik.

    Untuk data risetnya bisa anda baca di http://www.panin-am.co.id/Resources/Forms/Mencari%20Tanggal%20Baik.pdf

    Semoga bermanfaat

  5. Adhi
    March 9th, 2017 at 22:20 | #5

    Terima kasih atas pencerahan nya pak rudiyanto, sukses selalu.

 


%d bloggers like this: