Home > Belajar Investasi, Talkshow dan Seminar > Sekolah Investor Reksa Dana APRDI – Investor Ready

Sekolah Investor Reksa Dana APRDI – Investor Ready

Logo

Pada tanggal 27 Januari 2016, bersamaan dengan kegiatan Pesta Reksa Dana yang diselenggarakan oleh IDX, APRDI meluncurkan program yang disebut dengan Sekolah Reksa Dana APRDI atau program Investor Ready.

Program ini merupakan salah satu program edukasi APRDI untuk meningkatkan tingkat pemahaman masyarakat terhadap investasi khususnya tentang reksa dana.

Sesuai dengan namanya – Investor Ready, harapan dari APRDI adalah agar masyarakat tidak hanya berinvestasi saja, akan tetapi sudah “SIAP” untuk menjadi investor reksa dana.

Menjadi investor reksa dana itu pada dasarnya mudah dan murah karena hanya butuh KTP dan modal Rp 100.000.

Namun menjadi investor yang tetap tenang ketika melihat nilai investasinya menurun, tetap melanjutkan program autodebet meskipun sudah melakukan 2 tahun dan hasilnya belum kelihatan, tetap tenang membaca berbagai berita ekonomi yang buruk, hal ini sangat membutuhkan kesiapan. Untuk itulah, APRDI menyelenggarakan Program Investor Ready untuk mempersiapkan investor reksa dana yang tangguh dan fokus pada tujuan keuangannya.

APRDI – Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia adalah asosiasi yang menaungi seluruh pelaku industri reksa dana mulai dari Manajer Investasi, Bank Kustodian hingga Agen Penjual. Dengan demikian, materi ini akan dibawakan oleh personel yang ditunjuk oleh APRDI dan memang pakar di bidangnya.

Keterangan lebih lanjut mengenai Program Investor Ready ini sebagai berikut :

Kurikulum Investor Ready

Kurikulum Investor Ready

Dalam 4 kurikulum Investor Ready ini, materi akan dibawakan dengan tujuan sebagai berikut :

  • Sesi I – Perencanaan Keuangan. Memberikan pemahaman kepada calon investor akan pentingnya Perencanaan Keuangan. Memahami bagaimana bisa mengatur keuangannya dengan baik adalah syarat utama sebelum menjadi investor
  • Sesi II – Mengenal Reksa Dana. Memahami reksa dana mulai dari jenis, pengertian, manfaat, cara kerja dan mekanisme jual belinya
  • Sesi III – Pengelolaan Reksa Dana. Memahami secara umum bagaimana manajer investasi menjalankan pengelolaan dana masyarakat. Mengetahui kode etik apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh Manajer Investasi dan Agen Penjual
  • Sesi IV – Strategi Investasi. Praktek langsung bagaimana membuat perencanaan investasi khususnya untuk Pendidikan Anak dan Hari Tua.

Jadwal Pelaksanaan

Jadwal Pelatihan

Sekolah Investor Ready diselenggarakan di kantor sekretariat APRDI yang beralamat di

Gedung Artha Graha Lantai 31 Ruang 31 A
Jln Jendral Sudirman Kav 52 – 53
Jakarta 12190

Penyelenggaraan Kelas Khusus

Bagi teman2 yang memiliki komunitas / berkelompok (Office, kelompok Arisan, komunitas ibadah, dll) dan ingin mengundang APRDI secara khusus ke komunitas anda dapat dilakukan dengan syarat :

  • Jumlah peserta minimum 15 orang
  • Menyediakan tempat untuk menfasilitasi kegiatan pelatihan
  • Menanggung biaya tranportasi dan akomodasi untuk perwakilan APRDI (jika di luar Jakarta)
  • Tanggal penyelenggaraan dapat disesuaikan dengan undangan dengan mempertimbangkan ketersediaan pembicara

Untuk Kelas Khusus dengan peserta minimum 50 orang, APRDI memberikan promo khusus seharga Rp 200.000 per orang. Promo ini tetap berlaku meskipun promo diskon 50% untuk 200 orang pertama habis.

Informasi Biaya dan Pendaftaran

Biaya dan Pendaftaran

Biaya pendaftaran per peserta adalah Rp 400.000. Sebagaimana yang dicantumkan di atas, peserta juga mendapat reksa dana senilai Rp 100.000. Pilihan reksa dana tersebut bebas, bisa di Manajer Investasi, Bank Agen Penjual atau Supermarket Reksa Dana sepanjang bisa menerima setoran dari APRDI.

Dalam rangka promosi, APRDI memberikan diskon 50% untuk 200 peserta pendaftar pertama. Jadi cukup dengan membayar Rp 200.000 sudah bisa mendapatkan seluruh manfaat yang disebutkan di atas.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi sekretariat APRDI di nomor telepon 021 515 0448 atau klik www.investoReady-aprdi.org

  1. febri
    February 2nd, 2016 at 07:40 | #1

    Kapan diadakan di Jogja pak?

    • Rudiyanto
      February 2nd, 2016 at 07:53 | #2

      Kapan kamu bisa mengumpulkan 15 orang ++ ?

  2. Dada
    February 3rd, 2016 at 07:35 | #3

    Hmm,

    Biaya untuk Transport, Akomodasi, Tempat Training, Makan Siang ditanggung oleh Pengundang.

    Lalu, Pemasukan min. Rp6 juta (Rp400 ribu x 15++ orang) masuk ke kantong APRDI semua atau bagi hasil dengan Pengundangnya ya Pak?

    Kalau semua Biaya ditanggung Pengundang, semua Pendapatan diambil APRDI, siapa yg mau ngundang kalau gitu yah?? Semoga itu ngga benar, hehe..

    Mohon klarifikasinya yah, Pak.

  3. Rudiyanto
    February 3rd, 2016 at 09:39 | #4

    @Dada
    Selamat Pagi Pak Dada (Mohon klarifikasi juga apakah benar nama anda?)

    Mengenai pendapatan yang diterima oleh APRDI, nantinya akan digunakan untuk kegiatan pengembangan program edukasi APRDI seperti pengembangan materi, perekrutan tenaga pengajar yang berkompeten serta kegiatan edukasi lainnya.

    Biaya tranportasi, akomodasi, tempat training dan makan siang ditanggung oleh pengundang apabila komunitas yang bersangkutan berminat untuk menyelenggarakan program ini di luar Jakarta. Apabila diselenggarakan di Jakarta, bisa menggunakan tempat APRDI sehingga tidak ada biaya tersebut.

    Dari Rp 400.000 dana yang masuk, Rp 100.000 diantaranya menjadi investasi reksa dana yang bisa dipilih pada reksa dana sesuai penunjukkan peserta.

    Apabila anda keberatan dengan biaya tersebut, tidak masalah, anda bisa datang langsung pada jadwal dan kantor APRDI. Namun jika anda berminat menyelenggarakan di luar Jakarta dan biaya tersebut sedemikian besarnya sampai membuat anda merasa tidak mampu untuk membayarnya ya tidak apa2. Sebab tidak ada paksaan untuk mengikuti program ini.

    Demikian klarifikasi atas pertanyaan anda. Dan semuanya memang benar.

    Terima kasih.

  4. Dada
    February 3rd, 2016 at 13:36 | #5

    @Rudiyanto :-) iyah Pak, nama saya Dada. Saya akan obrolin dulu dg Komunitas saya.

    Komentar saya ttg Penjelasan Pak Rudi yg ini:
    “.., anda bisa datang langsung pada jadwal dan kantor APRDI.”

    Kalau boleh, di Artikelnya diperjelas bahwa Jadwal yg di picture itu akan dilakukan di kantor APRDI. Karena skrg di situ hanya ditulis Tanggal & Jam aja. Di sepanjang Artikel, tentang ‘Tempat’, opsinya hanya disebut di tempat si Pengundang, ngga ada disebut bisa di Kantor APRDI.

    Terima kasih.

    • Rudiyanto
      February 3rd, 2016 at 13:39 | #6

      Baik pak, terima kasih utk tanggapannya. Akan saya perjelas lagi di artikel supaya tidak terjadi salah paham.

      Sekali lagi terima kasih utk masukannya

  5. Dhika
    February 3rd, 2016 at 21:36 | #7

    Selamat malam pak Rudi,

    saya ingin bertanya apakah program edukasi ini seperti edukasi menjadi WAPERD ya pak?

    dan apabila saya ingin berkarir di bidang investasi/aset manajemen/wealth mj dgn menjadi fund manager atau financial planner, adakah referensi apa yang harus saya lakukan,seperti mengambil pelatihan WAPERD atau CFP?

    Terima Kasih atas jawabannya

  6. Rudiyanto
    February 4th, 2016 at 12:24 | #8

    @Dhika
    Selamat Siang Ibu Dhika,

    Materi yang ada dalam sekolah ini bisa juga ada di bagian materi WAPERD. Meski demikian, penekanannya agak berbeda karena pada materi WAPERD, peserta diharapkan bisa memahami peraturan, sementara kalau di Investor Ready, peserta diharapkan bisa mengetahui hal yang praktis berhubungan dengan investasi reksa dana.

    Jika anda ingin berkarir di bidang manajemen investasi, maka izin seperti WAPERD atau WMI adalah wajib sesuai dengan jabatannya.

    Semoga bermanfaat.

  7. Alto
    February 4th, 2016 at 16:30 | #9

    Bisa minta Link untuk pendaftaraannya pak?
    terima kasih.

  8. Rudiyanto
    February 4th, 2016 at 16:39 | #10

    @Alto
    Selamat Sore Pak Alto,

    Mohon maaf, website tersebut masih dalam pengembangan. Anda bisa menghubungi nomor telepon yang disebutkan di atas.

    Terima kasih

  9. Dhika
    February 5th, 2016 at 00:02 | #11

    @Rudiyanto

    sebelumnya saya mau mengklarifikasi kalau saya pria dan masih mahasiswa hehe

    Terima kasih pak rudi atas jawabannya. Kalau masalah sertifikasi,sberapa penting kah sertifikasi dari program aprdi ini untuk dilihat oleh perusahaan manajer investasi/sekuritas kalau saya melamar di prushaan tsb?

  10. Rudiyanto
    February 5th, 2016 at 17:37 | #12

    @Dhika
    Selamat Sore Pak Dhika,

    Mohon maaf atas kesalahan gendernya.

    Mengenai peluang kerja di perusahaan pasar modal, sebetulnya sudah sering saya katakan bahwa yang namanya pasar modal itu sangat kekurangan tenaga kerja. Ada posisi yang memang membutuhkan sertifikasi, ada juga yang tidak. Tapi semua posisi tersebut butuh orang yang niat karena kalau niatnya memang kuat, sertifikasi bisa dicari dan keahlian bisa dipelajari apapun latar belakangnya.

    Jadi kalau ke peluang anda melamar, kembali ke seberapa besar niat anda. Sekolah ini memang mendukung, tapi bukan satu-satunya.

    Semoga bermanfaat.

  11. Cassie
    July 16th, 2016 at 18:22 | #13

    Yth. Pak Rudiyanto,

    Perkenalkan saya Cassie. Saya ingin mendaftar untuk kelas Investor Ready untuk tanggal 20 atau 27 Juli. Minggu ini saya sudah mencoba menghubungi kontak yang ada di website https://investoready-aprdi.org sbb:

    Whatapps : 0812 8730 1087
    Email : investor.ready@aprdi.or.id

    Namun, tidak ada respon. Saya telpon tidak aktif, saya wa tidak diterima, dan saya email tidak dibalas.

    Pertanyaan saya, apakah kelas Investor Ready masih ada? Jika masih ada, saya harus menghubungi siapa untuk pendaftaran?

    Mohon informasinya. Terima kasih.

    Salam,
    Cassie

  12. Rudiyanto
    July 18th, 2016 at 00:00 | #14

    @Cassie
    Salam Ibu Cassie,

    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
    Setahu saya untuk kelas Investor Ready bulan Juli ini masih on schedule. Ada kemungkinan PICnya masih sedang cuti sehingga tidak bisa dihubungi. Kebetulan yang menangani ini asosiasi sehingga untuk operasional hari-hariannya tidak saya ikuti.

    Saya akan mengecek ini minggu depan dan menginformasikan kembali.

    Terima kasih

  13. Cassie
    July 18th, 2016 at 08:04 | #15

    Baik, Pak Rudiyanto. Terima kasih atas informasinya.
    Ditunggu informasinya

  14. Rudiyanto
    July 18th, 2016 at 21:20 | #16

    @Cassie
    Salam Ibu Cassie,

    Untuk kelas 20 dan 27 Juli sepertinya sudah tidak bisa mendaftar lagi. Untuk PIC kegiatan ini kebetulan baru aktif minggu depan, untuk itu saya mohon maaf apabila respon yang diberikan lama.

    Akan saya informasikan kembali apabila ada jadwal lanjutan untuk bulan-bulan mendatang.

    Terima kasih

  15. Cassie
    July 19th, 2016 at 08:16 | #17

    Baik, Pak. Terima kasih infonya :)

    Cassie

  16. ernanda
    August 17th, 2016 at 10:03 | #18

    Kapan jadwal seminar berikutnya n no rek tranver nyaberapa

  17. Rudiyanto

 


%d bloggers like this: