Home > Belajar Reksa Dana, Matematika Investasi, Riset Reksa Dana > Panduan Mencari Data Harga Reksa Dana – Update Agustus 2017

Panduan Mencari Data Harga Reksa Dana – Update Agustus 2017

Situs OJKSumber : www.ojk.go.id

 Pertanyaan mengenai bagaimana cara untuk mencari sumber data reksa dana untuk berbagai keperluan adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam blog ini. Harus diakui memang, sumber data harga reksa dana yang bisa diakses secara historis serta datanya dapat dipertanggung jawabkan masih belum tersedia untuk umum. Kalaupun ada, umumnya berasal dari situs berbayar sehingga sangat menyulitkan bagi mahasiswa atau masyarakat awam yang ingin melakukan penelitian.

Beberapa Manajer Investasi menyediakan data historis harga reksa dana dalam situsnya, namun jumlahnya masih sangat terbatas. Selain itu, format dan jumlah data juga suka berbeda antara Manajer Investasi yang satu dengan yang lain sehingga sehingga cukup menyulitkan. Padahal dalam melakukan penelitian, diperlukan data yang seragam. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana mencari data reksa dana mulai dari Harga (Nilai Aktiva Bersih per Unit), Jumlah Unit Penyertaan, dan Jumlah Dana Kelolaan (Asset Under Management) dari sumber yang resmi dan bisa dipertanggung jawabkan serta yang paling penting gratis!!

Sumber data yang resmi untuk reksa dana di Indonesia tentu saja harus bersumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini karena dalam peraturan, ada kewajiban bagi Manajer Investasi dan Bank Kustodian untuk melakukan pelaporan secara berkala ke dalam sistem yang disediakan. Oleh OJK, data tersebut juga dipublikasikan sehingga masyarakat bisa mengaksesnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa saya menggunakan tampilan website OJK sebagai cover artikel ini. Selanjutnya saya akan mengajarkan bagaimana caranya mendapatkan data dari website tersebut.

Pusat Informasi Reksa Dana

Pada bagian kanan tengah website OJK, terdapat pilihan Layanan Elektronik dengan berbagai icon. Untuk mengakses data reksa dana, silakan klik Pusat Informasi Reksa Dana

 

Pusat Informasi Reksa Dana

Jika benar, anda akan masuk layar dengan tampilan seperti ini

Situs OJK Reksa Dana

Mengambil dana Jumlah Dana Kelolaan reksa dana. Jumlah Dana Kelolaan juga suka disebut Asset Under Management atau Nilai Aktiva Bersih (NAB). Pilih Statistik, dan pilih Perkembangan NAB per RDSitus OJK AUM Reksa Dana

Situs OJK AUM RD 2

Kode Reksadana : Masukkan kode reksa dana yang anda mau cari datanya. Jika belum tahu, silakan klik tanda kaca pembesar di sisi kanannya

Situs OJK Kode RD

Semua kode reksa dana akan tampil, jika anda ingin mengecek nama reksa dana tertentu tinggal mengklik kodenya. Namun dalam kasus anda kesulitan mencari kode reksa dana karena namanya sangat banyak, anda bisa menggunakan fungsi CTRL+F kemudian ketikkan nama reksa dana yang mau anda cari. Untuk artikel ini saya menggunakan contoh Panin Dana Ultima.

Mata Uang : Tersedia dari IDR, USD, EURO, GBP, MYR dan lain-lain. Namun untuk saat ini, di Indonesia hanya ada IDR dan USD. Anda bisa klik kode mata uang yang anda inginkan. Jika reksa dana yang mau anda cari adalah Reksa Dana USD, maka sebelum klik kode reksa dana, pastikan anda sudah mengganti mata uangnya.

Perlu saya informasikan bahwa yang namanya kode reksa dana dan mata uang, sebaiknya di klik dan bukan diketikkan. Sebab jika diketik secara manual, tidak menjamin bisa terbaca dengan sempurna. Untuk tahun, disesuaikan dengan periode data yang diinginkan. Contoh pengambilan data yang sudah dimasukkan adalah sebagai berikut:

Situs OJK AUM RD 3Selanjutnya jika tombol proses di klik, maka akan muncul informasi sebagai berikut

Situs OJK Panin Dana Ultima

Cara Baca :

No. Bulan IDR
Total NAV Jumlah Unit
1   May – 2014 0 0
2   June – 2014 366,868,938,828.31 371,016,355.70
3   July – 2014 415,333,712,554.62 394,398,323.35

Pada akhir bulan Juni 2014, Panin Dana Ultima memiliki Jumlah Dana Kelolaan / Asset Under Management (AUM) / Nilai Aktiva Bersih (NAB) sebanyak Rp 366,8 Milliar dan akhir Bulan July 2014, Jumlah Dana Kelolaannya sebanyak Rp 415,3 Milliar

Pada akhir bulan Juni 2014, Jumlah Unit Penyertaan Panin Dana Ultima adalah 371 juta unit dan 394 juta unit pada bulan Juli 2014.

Ketika investor membeli reksa dana, maka reksa dana akan menerbitkan Unit Penyertaan. Semakin banyak Unit Penyertaan, artinya semakin banyak reksa dana tersebut dibeli oleh investor. Sebaliknya, ketika investor melakukan redemption (pencairan / penjualan reksa dana), maka unit penyertaan akan berkurang. Jadi untuk melihat apakah suatu reksa dana sedang banyak dibeli atau dijual oleh investor, anda bisa melihat perkembangan Jumlah Unit Penyertaannya.

AUM dipengaruhi oleh 2 hal, pertama dari apakah hasil investasi di saham dan obligasinya berkembang atau tidak dan kedua dari pembelian – penjualan investornya. Sehingga menjadikan AUM sebagai indikator apakah suatu reksa dana ditinggalkan oleh investornya atau tidak adalah kurang tepat.

Perlu diperhatikan bahwa data OJK selalu menampilkan data hari kerja terakhir setiap bulan. Selain itu, Total yang berada dibagian terakhir tabel sebenarnya kurang tepat karena bukan merupakan Total, tapi lebih kepada data terakhir. Dalam contoh di atas adalah data per Desember 2014.

Mendapatkan Harga Bulanan Reksa Dana

Situs OJK tidak menampilkan harga reksa dana secara spesifik. Untuk itu, perlu ada pekerjaan tambahan dengan cara memproses data OJK. Harga reksa dana, dalam istilah OJK adalah NAB per UP (Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan). Dengan kata lain jika anda membagi NAB atau AUM dengan Jumlah Unit, maka anda akan mendapatkan data harga reksa dana. Contoh, saya mengcopy data di OJK ke excel kemudian melakukan perhitungan dengan cara membagi Total NAV dengan Jumlah Unit.

Situs OJK Harga Reksa Dana

Asalkan anda rajin, dengan mengganti tahun, anda bisa mendapatkan harga reksa dana dari tahun 2004. Menurut saya pribadi, penggunaan data bulanan sudah cukup untuk melakukan penelitian. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan data harian.

Apabila anda rajin melakukan eksplorasi, anda juga bisa mendapatkan data AUM per Manajer Investasi dan Bank Kustodian. Jangan lupa juga, kalau sudah berhasil selalu menyebutkan website OJK sebagai sumber referensi anda.

Perlu diperhatikan bahwa update data di OJK dilakukan secara sistem. Namun karena kegiatan penginputan yang dilakukan oleh manusia, unsur human error tetap ada. Oleh karena itu, kemungkinan bahwa data tersebut diperbaiki / diupdate tetap ada.

Silakan mencoba, semoga bermanfaat

Update Agustus 2017 : Sumber Data Harga Reksa Dana dari Kontan

Sehubungan dengan situs OJK yang masih dalam perbaikan, pencairan data reksa dana juga bisa dilakukan website Kontan dengan link sebagai berikut Data Reksa Dana Kontan

Data Reksa Dana di Kontan

Masukkan nama manajer investasi yang anda mau cari data reksa dananya. Kemudian klik nama reksa dana yang mau anda lihat

Data Reksa Dana di Kontan 2

Data Reksa Dana di Kontan 3

NAB/Up reksa dana akan ditampilkan pada kolom di bawah dan bisa di copy paste ke excel. Format data untuk tanggal dana Hari – Bulan – Tahun. Pastikan setting tanggal di komputer anda sama supaya setelah di copy tidak menjadi berantakan.

Untuk data yang diambil dari media, sedikit banyak juga harus di kurasi atau dilakukan quality check karena tidak semua sumber apalagi yang gratis melakukan penanganan yang baik atas datanya.

Penyebutan produk investasi  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk instrumen tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Facebook : https://www.facebook.com/rudiyanto.blog

Twitter : https://twitter.com/Rudiyanto_zh

Sumber Gambar : www.ojk.go.id

  1. Rinrin
    April 7th, 2019 at 13:27 | #1

    Selamat siang pak, saya mahasiswa tingkat akhir. saya membutuhkan data reksadana syariah tetapi saat saya mencoa buat akun di ojk kenapa tidak bisa ya pak? dan langkah-langkah yang bapak berikan tidak ada di halaman web ojk saat ini. mohon bantuannya apakah ada alternatifnya pak. Terimakasih

    • Rudiyanto
      April 7th, 2019 at 21:02 | #2

      Selamat malam ibu Rinrin,

      Sudah baca artikel di atas sampai dengan selesai?

  2. April 8th, 2019 at 18:55 | #3

    Selamat malam pak, saya mahasiswa tugas akhir mau mencari data expense ratio, market timing, portfolio turnover, stock selection, cara mendapatkan dtanya bagaimana yah pak, saya sdh mencoba sesuai diats tpi tdk da data tersebut n cara perhitungannya bagaimana yah pak? Terima kasih pak

  3. Akbar
    April 19th, 2019 at 09:56 | #4

    Selamat siang pak Rudi,
    Saya mau menanyakan terkait alternatif sumber data reksa dana.
    Bagaimana dengan data reksa dana yang ada disitus Bareksa pak?
    Apakah bapak merekemondasikan?
    Terima kasih , Pak

  4. Rudiyanto
    April 26th, 2019 at 13:22 | #5

    @Akbar
    Selamat siang pak Akbar,

    Silakan dicoba pak. Dalam konteks penelitian, yang penting kan sumbernya harus dikemukakan.

    Terima kasih

  5. Rudiyanto
    April 26th, 2019 at 13:23 | #6

    @Christine
    Selamat siang Ibu Christine,

    Mohon maaf balasnya terlewat. Data tersebut merupakan hasil dari audit dan pengolahan data. Jadi memang tidak tersedia pada situs yang hanya menyediakan data harga saja.

    Terima kasih

  6. Cicilia
    June 7th, 2019 at 07:52 | #7

    Selamat pagi pak Rudi.
    Saya ingin bertanya pak, bagaimana cara mengcopy data yang ada di web kontan pak. Karena web kontan saat ini hanya menyediakan data dalam bentuk grafik dan bentuk tabel nya sudah tidak ada pak?

  7. Rudiyanto
    June 10th, 2019 at 14:34 | #8

    @Cicilia
    Selamat siang Ibu Cicilia,

    Kalau Pusat Data di Kontan sudah ditutup, berarti data reksa dana hanya bisa menggunakan sumber yang berlangganan seperti Bloomberg, Infovesta, PasarDana, Bareksa dan Ipotfund.

    Hal ini sangat disayangkan, tapi apa boleh buat. Memang membuat website dan melakukan maintenance secara berkala itu tidak murah.

    Sepengetahuan saya, harga berlangganan yang paling murah bisa dari Rp 5 juta per bulan.

    Alternatif lainnya, kamu bisa coba ke website PasarDana dan Bareksa, pada daftar reksa dana pilih tanggal terakhir setiap bulan dan pindahkan secara manual ke Excel. Dengan cara ini, kamu bisa dapat data bulanan walaupun agak repot. Jika butuh data 5 tahun, berarti manual pindahkan 60 data dan kemudian merapikannya lagi.

    Kalau tidak mau repot ya bisa berlangganan.

    Semoga bermanfaat

Comment pages
1 2 3 4 4874


%d bloggers like this: