Home > Feedback > Feedback : Apa Harapan Anda Untuk Investasi Reksa Dana Di Tahun 2015?

Feedback : Apa Harapan Anda Untuk Investasi Reksa Dana Di Tahun 2015?

Безымянный-2

 

Saya dan keluarga melalui kesempatan ini mengucapkan selamat tahun baru 2015. Dimanapun anda berada, semoga bahagia, sehat, dan sukses selalu.

Bagi keluarga yang mendapat musibah semoga diberikan ketabahan dan kekuatan.

Mengawali artikel di tahun 2015, saya ingin melakukan suatu survei kecil-kecilan tentang bagaimana pendapat bapak ibu sekalian untuk investasi reksa dana di tahun 2015 ini. Saya sendiri melalui artikel sebelumnya, terus terang sangat optimis dengan kondisi 2015. Akan tetapi saya menyadari bahwa situasi berubah dengan cepat, sebagai salah satu contoh saja kebijakan BBM subsidi yang berubah dalam hitungan bulan. Hal yang sama juga bisa terjadi pada indikator dan data makro ekonomi lainnya. Yang lebih penting lagi, itu adalah pendapat saya, pendapat anda bisa saja berbeda. Jika berkenan silakan berbagi pendapat disini.

Berikut adalah beberapa contoh pendapat:

  1. Wah kayaknya kalau subsidi BBM dicabut dan harganya mengikuti perkembangan harga minyak dunia dan kurs nilai tukar terhadap USD, inflasi bakalan tidak bisa terkendali. Belum lagi potensi kenaikan suku bunga AS. Jadinya tahun 2015 akan menjadi tahun yang amat fluktuatif.
  2. Well, harga BBM memang turun, tapi tarif listrik naik. Harga barang-barang kebutuhan pokok juga tidak turun mengikuti penurunan harga BBM, jadi kelihatannya inflasi akan tetap tinggi. Jadi outlook investasi tidak sebaik yang diharapkan.
  3. Pemerintahan Jokowi – JK adalah pemerintahan yang “bekerja”. Mungkin tidak semua setuju dengan bagaimana cara mereka bekerja dan juga tidak ada orang / sistem / kebijakan yang sempurna karena akan selalu ada pro dan kontra. Akan tetapi saya merasa ada “harapan” karena ada sekelompok orang yang “berjibaku” untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Rp 230 Triliun yang dihemat dari kebijakan ini akan membangun infrastruktur, menggerakkan perekonomian dan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Semua itu akan menjadi katalis positif bagi investasi di tahun 2015
  4. Pasar modal adalah pasar yang menggabungkan unsur persepsi dan fundamental. Jika persepsi bagus tapi fundamental perusahaan dalam hal ini laba bersih tidak tumbuh sesuai harapan, kenaikan tidak akan bertahan lama. Untuk itu, fokusnya adalah apakah laba perusahaan bisa bangkit di tahun 2015 ini. Jadi fokusnya adalah pada kinerja perusahaan dan bukannya kinerja pemerintahan.
  5. Atau ada pendapat lainnya, silakan berbagi disini.

Terima kasih

Categories: Feedback Tags:
  1. James Handaja
    February 7th, 2015 at 21:41 | #1

    Menurut artikel ini: http://www.zerohedge.com/news/2015-01-29/2015-currency-wars-year-date-summary-13-rate-cuts-5-rate-hikes

    Ada banyak bank sentral yang menurunkan suku bunga, seperti di Uni Eropa, Swiss, Kanada, S’pore, dan terakhir (yang belum tercantum di artikel itu), bank sentral Rusia, Aussie, dan China.

    Saya berpikir, dan berharap, The Fed tidak jadi menaikkan suku bunga mereka di bulan Juni 2015. Sebab jika suku bunga dinaikkan:

    1. USD menguat relatif terhadap mata uang negara2 yang menurunkan suku bunga, akibatnya eksport USA akan terpukul
    2. capital outflow dari emerging market, akibatnya IHSG akan drop, dan reksadana saham serta reksadana campuran juga akan terpukul

  2. oktovianus
    February 20th, 2015 at 12:20 | #2

    Salam Pak Rudi

    Saya mau ikut reksadana di Panin Asset Management, Sebelum saya masuk pak apa yang saya harus siapkan? kemudian jika masuk reksadana, saya harus mendaftar pak?
    Terima kasih
    Salam sukses

  3. Rudiyanto
    February 24th, 2015 at 00:37 | #3

    @oktovianus
    Pagi Pak Oktovianus.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada Panin AM. Untuk menjadi investor, anda perlu memiliki KTP dan Rekening Bank Atas Nama Anda Sendiri. Jika sudah anda bisa datang ke agen penjual atau minta dihubungi dengan menginformasikan nomor telepon ke cs@panin-am.co.id.

    Semoga bermanfaat.

  4. Paijo
    February 26th, 2015 at 11:01 | #4

    Sebagai referensi untuk jangka panjang reksadana sangatlah mengunungkan, prospek bagus.
    Lakukan dengan disiplin dan penuh komitment, jangan tergoda untuk mencairkan di tengah jalan.
    Insya’allah target investasi akan terpenuhi.
    Sedikit demi sedikit lama2 menjadi bukit….
    Insya’Allah kelak akan menuai hasil manis…

    Semoga bermanfaat..

    Salam Investasi, Paijo..

  5. Vino
    April 19th, 2015 at 23:51 | #5

    Selamat malam Pak Rudiyanto.
    Saya baru bulan ini memulai investasi reksadana dan blog Pak Rudi ini termasuk blog yang menjadi sumber pembelajaran saya. Jadi sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Harapan investasi saya adalah:
    1. Mulai membagi alokasi dana yang biasanya 100% ke deposito, mulai menjadi 50-50 antara deposito dan reksadana. Dan di akhir tahun semoga bisa meningkat menjadi 70-30 dengan porsi reksadana yang lebiih besar.
    2. Setelah membaca artikel Pak Rudi, maka rencana hingga akhir tahun ini memiliki 3 portofolio reksadana, dengan rincian 2 RDSH dan 1 RDPT karena saya juga berharap mendapatkan return dalam jangka waktu cepat.
    3. Memahami issue2 yang dapat mempengaruhi hasil dari investasi saya agar mendapatkan return yang diharapkan.

  6. Gede Wigan
    June 27th, 2015 at 22:01 | #6

    Selamat Malam pak.

    saya Wigan, mahasiswa semester akhir di jurusan hubungan internasional di salah satu perguruan tinggi negeri di bali

    dari tahun lalu saya sangat tertarik dengan investasi ataupun mengikuti perkembngan kegiatan BEI. saya pernah mengikuti sekolah pasar modal yang diselenggarakan di Surabaya juga.

    sampai saat ini, saya telah berinvestasi di produk reksadana panin dana maksima dan saya juga baru memulai berinvestasi saham di pasar modal.

    pertanyaan saya pak, kalau ingin berkarir di BEI dengan keilmuan hubungan Internasional, apakah ada posisi yang memungkinkan untuk diisi?

    terimakasih

    mohon feedbacknya
    semoga tuhan selalu memberkati bapak dan keluarga

  7. Rudiyanto
    July 6th, 2015 at 02:16 | #7

    @Gede Wigan
    Selamat Malam Pak Gede Wigan,

    Sebelumnya terima kasih atas kepercayaannya menjadi nasabah Panin Asset Management. Semoga tujuan keuangan anda bisa tercapai melalui investasi tersebut.

    Terus terang banyak sekali profesional di bidang pasar modal bukan berasal dari jurusan manajemen investasi ataupun keuangan. Ada yang teknik, teknologi informasi bahkan Humas dan lainnya. Setiap perusahaan juga punya kebutuhan yang berbeda tergantung fokus bisnisnya.

    Jadi meski bukan berasal dari latar belakang investasi, biasanya mereka mengambil kursus atau izin berkaitan dengan pasar modal. Kalau secara spesifik ilmu hubungan internasional, saya tidak tahu di jurusan tersebut anda belajar apa. Tapi anda bisa mencoba memasukkan tulisan mengenai bagaimana ilmu yang kamu pelajari dapat digunakan untuk memajukan perusahaan dalam surat lamaran ke perusahaan yang kamu tuju.

    Siapa tahu, pimpinan perusahaan tersebut yang membacanya berminat dan kamu bisa dipanggil untuk kesempatan wawancara.

    Demikian, semoga bermanfaat.

Comment pages
1 2 4840

 


%d bloggers like this: