Home > Riset Reksa Dana > Kinerja Reksa Dana Saham “Baru” 2011

Kinerja Reksa Dana Saham “Baru” 2011

Hingga pertengahan semester I 2011 ini, kinerja bursa saham masih sangat kondusif. Kenaikan IHSG didukung dengan semakin tingginya animo masyarakat pada investasi reksa dana, menyebabkan para Manajer Investasi berlomba-lomba untuk meningkatkan jumlah dana kelolaan. Selain dengan produk yang ada, beberapa Manajer Investasi juga mencoba menjaring nasabah dengan cara mempromosikan reksa dana yang baru. Tidak tanggung-tanggung, total reksa dana yang terbit hingga 25 Oktober ini mencapai 97 reksa dana, yang mayoritas didominasi oleh jenis reksa dana terproteksi.

Reksa dana yang baru terbit, ibarat masih “Fresh from Oven”. Sering kali investor tertarik untuk membeli reksa dana tersebut karena alasan seperti sudah percaya dan puas dengan kinerja reksa dana Manajer Investasi yang diterbitkan sebelumnya, ada yang karena reksa dana tersebut memiliki strategi investasi yang berbeda dengan reksa dana sebelumnya sehingga reksa dana baru bisa menjadi diversifikasi, ada pula yang percaya karena reksa dana baru, mumpung masih murah karena harganya masih 1000 tentu potensi kenaikan harganya bisa lebih dari reksa dana tua bangkotan lainnya yang harganya sudah jauh lebih tinggi. Untuk spesifik alasan no 3 sudah kita bahas di http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2011/04/18/reksa-dana-mahal-reksa-dana-murah-2/ bagi yang ingin mereview kembali bisa membaca artikel bersangkutan.

Apapun alasannya, reksa dana baru selalu memiliki daya tarik yang tersendiri bagi masing-masing investor. Dalam sharing kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sepak terjang dari reksa dana saham baru di 2011, terutama reksa dana saham. Untuk jenis reksa dana lain akan dibahas pada kesempatan lain agar artikel tidak terlalu panjang.Sebagai informasi, reksa dana yang diterbitkan pada tahun 2011 ini antara lain:

Nama Reksa Dana Tanggal Terbit Jenis
Syailendra Indo Balance Fund 22-Mar-11 Campuran
Batavia Prima Campuran 7-Apr-11 Campuran
Prime Star Balanced Fund 21-Apr-11 Campuran
HPAM Flexi Plus 18-Jul-11 Campuran
Mandiri Komoditas Syariah Plus 21-Sep-11 Campuran
AAA Balanced Fund II 22-Sep-11 Campuran
TRAM Strategic Plus 5-Oct-11 Campuran
Schroder Dana Campuran Progresif 10-Oct-11 Campuran
First State Indonesian Money Market Fund 17-Jan-11 Pasar Uang
OSK Nusadana Rupiah Liquid Fund 9-Jun-11 Pasar Uang
Reksa Dana GMT Dana Pasar Uang 7-Sep-11 Pasar Uang
Danareksa Melati Pdpt Tetap II 4-Mar-11 Pdpt Tetap Rupiah
GMT Dana Kencana 9-Mar-11 Pdpt Tetap Rupiah
Mandiri Investa Berjangka Seri 2013 12-May-11 Pdpt Tetap Rupiah
Insight-METI Renewable Energy Fund 23-Jun-11 Pdpt Tetap Rupiah
BNP Paribas Maxi Obligasi 9-Aug-11 Pdpt Tetap Rupiah
AXA Maestro Obligasi Plus 8-Sep-11 Pdpt Tetap Rupiah
TRAM Regular Income 5-Oct-11 Pdpt Tetap Rupiah
Schroder Dana Obligasi Mantap 10-Oct-11 Pdpt Tetap Rupiah
MNC Dana Dollar 6-Jul-11 Pdpt Tetap Dollar
TRAM Pdpt Tetap USD 18-Jul-11 Pdpt Tetap Dollar